DETAIL DOCUMENT
PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN METODE PJBL (PROJECT BASED LEARNING) UNTUK PEMILIHAN KARIR SISWA KELAS XII SMA SEDES SAPIENTIAE SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
PUTRI, PETRONELLA ANISA SWASTIKA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-24 06:24:36 
Abstract :
Petronella Anisa Swastika Putri 20116017, ?Pelaksanaan Layanan Bimbingan Klasikal dengan metode PJBL (Project Based Learning) untuk pemilihan karir siswa kelas XII SMA Sedes Sapientiae Semarang.? Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Siti Fitriana,Farikha Wahyu Lestari. Maret 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah membantu perencanaan pemilihan karir peserta didik kelas XII SMA Sedes Sapientiae Semarang, hal tersebut disebabkan peserta didik yang mengalami kebingungan dalam pemilihan jurusan setelah lulus dari SMA tersebut untuk karir dimasa depan. Hal ini peran guru bimbingan konseling sangat penting untuk memberikan materi tentang bimbingan karir dengan metode PJBL (Project Based learning) yang menggunakan alat bantu dari pohon karir dilaksanakan dengan layanan bimbingan klasikal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana proses pelaksanaan layanan bimbingan klasikal dengan metode PJBL (Project Based Learning) untuk pemilihan karir siswa kelas XII SMA Sedes Sapientiae Semarang ? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan layanan bimbingan klasikal dengan metode PJBL (Project Based Learning) untuk pemilihan karir siswa kelas XII SMA Sedes Sapientiae Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif.Pada pengumpulan data menggunakan observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XII jurusan IPA, IPS dan Bahasa SMA Sedes Sapientiae Semarang tahun ajaran 2022/2023. Sampel yang diambil adalah 258 siswa kelas XII IPA,IPS dan Bahasa dengan menyebarkan pretest dan posttest berbentuk pertanyaan tentang pilihan karir. Hasil analisis yang dilakukan oleh peneliti ini menunjukkan 99% peserta didik sudah memiliki pilihan karirnya yang sesuai dengan pribadi karakternya dan 1% mengalami kebimbangan yang disebabkan adanya pengaruh dari orang tua yang tidak dukung dengan pilihan anak-anaknya dan juga peserta didik ragu akhirnya mengikuti teman-temannya. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode PJBL (Project Based Learning) dengan menggunakan media pohon karir yang dilaksanakan layanan bimbingan klasikal ini sangat membantu untuk peserta didik dalam menentukan pilihan karirnya dimasa depannya. Kata Kunci : layanan bimbingan klasikal, Metode PJBL(Project Based Learning), Pemilihan karir. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang