DETAIL DOCUMENT
ANALISIS DAYA TANGKAP SISWA KELAS V SD NEGERI REJOSARI 03 TERHADAP NILAI KARAKTER PADA FILM ANIMASI “A BUG’S LIFE”
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Hartati, Ulifah Rachmi
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-24 06:29:09 
Abstract :
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih banyak siswa yang suka menonton film animasi karena visualnya yang menarik, karakter tokoh yang unik, dan ceritanya yang mudah dipahami. Hal tersebut membuat peneliti tertarik untuk menjadikan film animasi sebagai media penanaman nilai karakter anak sehingga menjadi pribadi yang bermoral, berakhlak mulia, dan berperilaku baik. Pendidikan karakter dapat diajarkan pada anak sekolah dasar melalui film, namun tetap dalam pengawasan guru dan orang tua dalam menonton. Fokus penelitian ini untuk mengkaji nilai karakter dari delapan belas nilai karakter menurut Kurniawan (2017) seperti religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar mmbaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab yang terdapat pada film animasi A Bug?s Life. Tujuan penelitian ini untuk memaparkan nilai karakter seperti jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli sosial, dan tanggung jawab yang terdapat pada film animasi A Bug?s Life. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode kualitatif digunakan untuk mendapatkan data yang mendalam, suatu data yang diperoleh dari fenomena yang terjadi dengan menggunakan beberapa metode yang ada. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, simak catat, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini meliputi perpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Dari penelitian yang dilakukan, film animasi A Bug?s Life memiliki nilai karakter jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli sosial, dan tanggung jawab. Kelima belas nilai karakter muncul pada setiap adegan adegan maupun dialog tokoh dengan acuan delapan belas nilai karakter menurut Kurniawan (2017). Film ini dapat dijadikan sebagai sarana pendidikan karakter siswa SD dalam proses pembelajaran di sekolah. Dari hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah siswa dapat termotivasi dan mencontoh untuk selalu berbuat baik kepada lingkungannya, bagi guru dapat terinovasi menjadikan film animasi sebagai sarana dalam menanamkan nilai karakter, dan bagi orang tua dapat mengarahkan atau memberikan teladan kepada anak untuk senantiasa berkelakuan baik. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang