Abstract :
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah
rendahnya perkembangan berbahasa anak yang disebabkan
kurangnya metode bercerita yang di pergunakan dalam kegiatan
pembelajaran.Tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk
mengetahui tingkat perkembangan berbahasa anak melalui
metode bercerita pada anak kelompok B TK Mardi Peni 1
Jatirejo, Karanganyar, Demak pada semester II tahun ajaran 2022
/ 2023.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan
pengumpulan data berupa perencanaan, pelaksanaan ,observasi
dan refleksi. Subyek penelitian ini sebanyak 31 anak kelompok B
di TK Mardi Peni 1 Jatirejo, Karanganyar, Demak tahun ajaran
2022/2023.
Berdasarkan pembahasan hasil penelitian tindakan
tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan metode bercerita
dapat meningkatkan perkembangan berbahasa anak pada
kelompok B di TK Mardi Peni 1 Jatirejo Karanganyar Demak
dengan indikator pencapaiannya sebagai berikut : kondisi awal
sebelum menggunakan metode bercerita perkembangan
berbahasa anak masih rendah sekali hanya sebesar 22,57% pada
kritera BSH. Pada siklus I perkembangan berbahasa anak
meningkat menjadi 48,39% pada kriteria BSB. Setelah dilakukan
perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan metode yang sama
yaitu
dengan
metode bercerita dapat meningkatkan
perkembangan berbahasa anak menjadi 77,42% pada ktiteria
BSB dan sudah melebihi indikator yang ingin dicapai.