DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Winiasih, Pratiwi
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-24 06:42:57 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran dengan Problem Based Learning yang valid untuk meningkatkan berpikir kritis siswa pada materi baris dan deret aritmatika. Dengan menggunakan cluster random sampling yang terdiri dari 23 siswa kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen (pembelajaran menggunakan pembelajaran Problem Based Learning) dan 23 siswa kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol (pembelajaran menggunakan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah). Pada uji validitas produk, penilaian ahli media 88,6% dan ahli materi 91% dalam kategori sangat baik serta penilaian kelayakan produk sebesar 88,86%. Pada analisis ketuntasan diperoleh data berpikir kritis menggunakan video pembelajaran dengan Problem Based Learning berada pada presentase 100% sehingga mencapai KKM. Pada uji N?Gain sebesar efektivitas = 4,51505 dan pada analisis ketuntasan belajar klasikal melebihi 80% sehingga video pembelajaran efektif digunakan pada pembelajaran matematika. Media ini juga dikatakan praktis melalui angket siswa yang menunjukkan bahwa presentase kelayakan media pembelajaran sebesar 86,86% dengan kategori sangat baik. Kata Kunci : Pengembangan; Video pembelajaran; Berpikir Kritis 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang