DETAIL DOCUMENT
UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI METODE PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 BLAMBANGAN KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2022/2023
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
SOLIHATUN, UMI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-24 07:01:32 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran passing bawah bola voli melalui metode pendekatan pembelajaran kooperatif pada siswa kelas V SD Negeri 1 Blambangan, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian ini dengan pendekatan Peneliti Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan mengikuti prosedur penelitian yang mencakup kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, refleksi atau evaluasi, keempat bagian ini berlangsung secara berulang dalam bentuk siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Blambangan, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 20 siswa, instrumen yang digunakan untuk pengambilan data pada penelitian adalah lembar penilaian passing bawah, lembar observasi untuk siswa dan lembar observasi untuk guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran passing bawah melalui metode pembelajaran kooperatif pada siswa kelas V SD Negeri 1 Blambangan selama 2 siklus dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, ini dibuktikan dari hasil pengamatan hasil belajar siswa dari 20 siswa pada kondisi awal jumlah siswa yang mencapai nilai KKM 70 hanya 4 sampai 6 dan pada siklus I meningkat menjadi 10 sampai 14 siswa, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 17 sampai 18 siswa yang mencapai KKM 70 bahkan lebih. Sehingga ketuntasan klasikal dalam kelas tersebut sudah lebih dari 70 siswa yang tuntas belajar. Kata Kunci : Metode pendekatan pembelajaran kooperatif, passing bawah bola voli. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang