DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN KARTU SOAL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Sya’adah, Umi
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-24 07:04:50 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran TGT berbantuan kartu soal efektif terhadap minat dan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Quasi Eksperimental Design berbentuk Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Pegandon tahun ajaran 2022/2023. Melalui teknik cluster random sampling terpilih sampel yaitu VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas Multavariat, Uji Homogenitas Matriks Kovarian, Uji Hotelling T2 dan Uji t. Pada analisis awal, yang diambil dari nilai ulangan harian dan lembar angket minat belajar siswa, menunjukkan bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan berasal dari populasi yang homogen. Pada analisis data akhir, yang diambil dari nilai posttest dan angket minat belajar siswa, menunjukan hasil bahwa minat belajar dan hasil belajar siswa pada model pembelajaran TGT berbantuan kartu soal lebih baik daripada model pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT berbantuan kartu soal efektif terhadap minat dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: efektivitas, model pembelajaran TGT, kartu soal, minat belajar, hasil belajar 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang