DETAIL DOCUMENT
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK B MELALUI METODE SANDIWARA BONEKA TK AISYIYAH 1 DIBAL TAHUN 2022/2023
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Mukhlisah, Ummi
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-24 07:10:42 
Abstract :
Berdasarkan pengamatan awal masuk sekolah sampai pertengahan semester tahun pelajaran 2022/2023 menunjukkan bahwa pengetahuan tentang bercerita pada peserta kelompok B dengan jumlah keseluruhan yaitu 10 anak masih kurang. Kondisi ini ditandai dengan 4 anak sudah mampu bercerita, namun 6 anak yang lainnya masih belum mampu bercerita. Berdasarkan uraian latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kemampuan anak dalam bercerita masih menambah masalah titik anak belum dapat mengutarakan pendapatnya dalam bercerita masih rendah serta belum dapat menyusun kalimat dalam bercerita dari 10 beserta anak didik hanya dua anak yang bisa menyebutkan pertanyaan dan bercerita 8 anak masih malu. Berdasarkan uraian di atas di atas latar belakang masalah tersebut maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut bagaimana upaya meningkatkan kemampuan bercerita pada anak kelompok B melalui metode sandiwara boneka TK Aisyiyah 1 Dibal Ngemplak Boyolali Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas empat rangkaian kegiatan utama yang dilakukan dalam siklus berulang yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Aisyiyah 1 Dibal yang terdiri dari empat anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Penelitian ini diperoleh denganTeknik analisis deskriptif yang bersifat kualitatif. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua 2 hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan bercerita pada anak kelompok B melalui metode sandiwara boneka peningkatan tersebut yaitu siklus 1 menjadi 40% pada siklus 2 menjadi 80% kesimpulan dari penelitian dengan bercerita melalui metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan bercerita pada anak kelompok B Aisyiyah 1 Dibal. Ngemplak, Boyolali Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat beberapa saran bagi guru hendaknya lebih kreatif dan aktif dalam menarik minat anak untuk mengikuti pembelajaran bagi sekolah sebaiknya menyediakan prasarana dan sarana yang dibutuhkan dan bagi orang tua hendaknya memahami kebutuhan anak dengan segala kekurangan dan kelebihannya. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang