DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Indrayana, Putri Sahar
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-24 07:13:15 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi bangun ruang sisi datar. Berdasarkan tujuan tersebut, penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan di SMP Institut Indonesia Semarang dan subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-D semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Subjek yang diambil sebanyak 3 siswa berdasarkan hasil jawaban yang memiliki indikator kemampuan berpikir kreatif matematis yaitu kelancaran (fluency), kelenturan (flexibility), keaslian (originality), dan elaborasi (elaboration). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, soal tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode/teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subjek memunculkan indikator kelancaran dengan memberikan ide?ide unik, variasi jawaban dan penjelasan yang sesuai. Ketiga subjek juga memunculkan indikator kelenturan yang dilihat dari variasi jawaban dan solusi dengean ide mereka sendiri. Subjek S1 dan S3 menunjukkan indikator keaslian dengan solusi unik mereka, sementara S2 masih mengalami kesulitan. Hanya S3 yang menunjukkan indikator elaborasi dengan penjelasan rinci sedangkan subjek S1 dan S2 masih kesulitan, namun ketiga subjek belum mampu mendeskripsikan hasil jawaban secara tertulis. Kata kunci: Bangun Ruang Sisi Datar, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Soal Cerita. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang