DETAIL DOCUMENT
ANALISIS METODE PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BACA TULIS AL-QURAN PADA SISWA KELAS V DI SD ISLAM PESANGGRAHAN SEMARANG TIMUR
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
ANGGORO, PUTRO DWI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-24 07:15:06 
Abstract :
Putro Dwi Anggoro. NPM 16120083. ?Analisis Metode Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Baca Tulis Al-Quran Pada Siswa Kelas V di SD Islam Pesanggrahan Semarang Timur?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Moh. Aniq Khairul Basyar, S.Pd.,M.Hum. Dosen Pembimbing II Dr.H. Rahmat Rais, S.Ag., M.Ag. 2023. Belajar tajwid perlu mendapatkan perhatian khusus, agar dalam membaca Al-Quran dapat terlaksana dengan baik dan benar perlu diberikan sejak usia kanak?kanak, sehingga pada saat dewasa penguasaan membaca Al-Quran sudah memenuhi kaidah-kaidah yang ditentukan. Oleh karena itu penentuan metode pembelajaran yang sistematis dan terstruktur sangat diperlukan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu metode pembelajaran apa yang digunakan dalam pembelajaran baca tulis AL-Quran, pengaplikasian metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran baca tulis Al-Quran dan bagaimana motivasi belajar baca tulis Al-Quran peserta didik kelas V di SD Islam Pesanggrahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pembelajaran baca tulis Al-Quran yang dilakukan oleh SD Islam Pesanggrahan pada peserta didik kelas V. Untuk meningkatkan motivasi belajar diperlukan pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan bagi peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengambil data sesuai yang terjadi di lapangan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan disajikan dalam bentuk deskriptif. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan pedoman observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dari hasil penelitian ini adalah SD Islam Pesanggrahan menggunakan metode qiroati. Selain itu, juga menggunakan metode klasikal dan individual. Dari penerapan metode tersebut diketahui bahwa peserta didik yang mempunyai motivasi belajar yang sangat tinggi ada sebanyak 19 peserta didik (85%) dari jumalah kelas V ada 22 peserta didik. Penerapan metode qiroati dalam pembelajaran baca tulis Al-Quran pada kelas V di SD Islam Pesanggrahan dapat dikatakan berhasil dikarenakan motivasi belajar peserta didik tersebut mencapai kategori yang sangat tinggi. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang