DETAIL DOCUMENT
PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA MATERI POLA BILANGAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Setyaningrum, Vita Ayu
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-24 08:22:03 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pola bilangan ditinjau dari gaya belajar. Metode yang digunakan dalam adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 3 Semarang yang terdiri dari sembilan siswa. Tiga siswa dengan gaya belajar visual, tiga siswa dengan gaya belajar auditorial, dan tiga siswa dengan gaya belajar kinestetik. Pemilihan subjek dipilih berdasarkan hasil tes angket gaya belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes tertulis, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual dapat memunculkan indikator berpikir kritis focus, reason, inference, situation, clarity dan overview. Siswa dengan gaya belajar auditorial dapat memunculkan indikator berpikir kritis focus, situation, dan clarity. Namun, belum memunculkan indikator berpikir kritis secara reason, inference, dan overview. Sedangkan siswa dengan gaya belajar kinestetik dapat memunculkan indikator berpikir kritis focus. Namun, belum memunculkan indikator berpikir kritis secara reason, inference, situation, clarity dan overview. Kata kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Pola Bilangan, Gaya Belajar 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang