DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BERTEMA BANJIR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KOSA KATA ANAK TK B TUNAS RIMBA II BARISAN PATI
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
HIDAYATI, AGUSTIN DWI NUR
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-04 03:14:24 
Abstract :
Agustin Dwi Nur Hidayati. NPM. 19150011. ?Pengembangan Media Pop Up Bertema Banjir Sebagai Upaya Meningkatkan Kosa Kata Anak Tk B? Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masalah pada kemampuan berbicara pada anak. Anak cenderung kurang bisa mengemukakan apa yang ada di pikiranya, menyampaikan ide, hal itu dikarenakan mereka belum mempunyai terlalu banyak kosa kata. Jenis penelitian ini adalah pengembangan atau Research and Development (RnD). Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menerapkan prosedur model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian ini adalah guru kelas TK B dari dari beberapa TK di Kecamatan Jaken. Teknik pengumpulan menggunakan observasi dan angket. Data penelitian ini diperoleh dari angket ahli media, materi dan tanggapan guru. Hasil analisis pada ahli media sebesar 83% dengan kategori sangat layak, ahli materi sebesar 80% dengan kategori layak, dan angket tanggapan dari guru sebesar 83% dengan kategori sangat layak. Hal ini menunjukkan bahwa media Pop Up Banjir mampu memudahkan anak dalam memahami banjir dan meningkatkan hasil belajar anak dan dapat digunakan sebagai media di kelas TK B. Berdasarkan hasil penelitian ini media Pop Up Banjir dapat digunakan oleh guru sebagai salah satu alternatif media di kelas untuk menunjang kegiatan belajar anak. Kata Kunci: Media Pop Up, Banjir, Meningkatkan, Kosa Kata 

Institution Info

Universitas PGRI Semarang