DETAIL DOCUMENT
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI BERMAIN KARTU KATA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AL AMIN DIBAL
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Umiyulianti, Watik
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-25 02:30:13 
Abstract :
Watik umiyulianti, ? UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI BERMAIN KARTU KATA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AL AMIN DIBAL 2022/2023. Skripsi fakultas ilmu Pendidikan universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Muniroh Munawar,S.Pi.,M.Pd. Dosen Pembimbing IIDwi PrasetiyawatiD.H,S.Pd,M.Pd. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kemampuan anak dalam membaca kata maupun kalimat masih menemui masalah. Anak belum dapat mengenal dan membedakan huruf vocal dan konsonan, membedakan huruf awal dan suku kata awal masih rendah serta belum dapat menyusun suku kata menjadi sebuah kata atau kalimat.Dari 10 peserta didik hanya 2 yang bisa menyebutkan kata 8 anak masih diam dan malu ? malu. Berdasarkan uraian latar belakang masalah tersebut maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut: Bagaimana upaya meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui bermain kartu kata pada anak kelompok B di TK Al Amin Dibal.Tahun Ajaran 2022/2023. Tujuan penelitian ini adalah pengunaan media kartu kata untuk meningkatkan membaca permulaan pada anak kelompok B di TK Al amin Dibal, Ngemplak, Boyolali. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang terdiri atas rangkaian empat kegiatan utama yang dilakukan dalam siklus berulang yaitu: perecanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Al Amin Dibal yang terdiri dari 4 anak laki laki dan 6 anak perempuan. Penelitian ini diperoleh dengan Teknik analisis deskriptif yang bersifat kualitatif. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua kali hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan membaca permulaan dengan pengunaan media kartu kata, peningkatan tersebut yaitu siklus 1 mecapai 40%, pada siklus 2 mencapai 80% kesimpulan dari penelitian ini dengan bermain kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan kelompok B di TK Al Amin Dibal. Berdasarkan hasil penelitia yang dilakukan terdapat beberapa saran bagi guru, hendaknya lebih kreatif da aktif dalam menarik minat anak untuk mengikuti kegiatan pembelajaran, bagi sekolah sebaiknya menyediakan prasarana dan sarana yang dibutuhkan dan bagi orang tua hendaknya memahami kebutuhan anak dengan segala kekurangan dan kelebihannya. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang