DETAIL DOCUMENT
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PJOK BOLA BASKET SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 CEPIRING
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Prabowo, Wijaya Dwi
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-25 03:00:43 
Abstract :
WIJAYA DWI PRABOWO. NPM 18230154. ?Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Model Project Based Learning dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar PJOK Bola Basket Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Cepiring?. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan. Universitas PGRI Semarang, 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa dalam pelaksanaan pembelajaran PJOK bola basket. Data hasil belajar siswa di kelas XI IPA 3 dan XI IPS 5, menunjukkan sekitar 65% siswa masih belum memenuhi KKM. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pembelajaran kooperatif model Project Based Learning efektif terhadap hasil belajar PJOK bola basket pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Cepiring dan 2) untuk mengetahui pembelajaran kooperatif model Problem Based Learning efektif terhadap hasil belajar PJOK bola basket pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Cepiring. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre Experimental Design dengan jenis Two-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: 1) teknik tes (pilihan ganda dan tes praktik teknik dasar bola basket) dan 2) nontes (observasi sikap siswa dan dokumentasi). Uji prasyarat data menggunakan validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan statistik deskriptif dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif model PjBL (project based learning) efektif untuk terhadap hasil belajar PJOK bola basket pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Cepiring dengan perolehan nilai signifikasi 0,000 < 0,05, dan terdapat peningkatan rata-rata mean sebesar 12,880, sedangkan pembelajaran kooperatif model PBL (problem based learning) efektif untuk meningkatkan hasil belajar PJOK bola basket pada siswa kelas kelas XI SMA Negeri 1 Cepiring dengan perolehan nilai signifikasi 0,000 < 0,05, dan terdapat peningkatan rata-rata mean sebesar 11,778. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model Project Based Learning dan Problem Based Learning efektif terhadap hasil belajar PJOK bola basket pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Cepiring. Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang dapat diajukan adalah pembelajaran kooperatif model PjBL (project based learning) dan PBL (problem based learning) bisa menjadi acuan untuk pembelajaran materi bola basket maupun lainnya disekolah. Saran dari penelitian ini yaitu model pembelajaran tersebut bisa digunakan untuk pembelajaran yang tidak monoton atau lebih inovatif. Kata kunci: Hasil belajar, Project Based Learning, Problem Based Learning, Bola Basket 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang