DETAIL DOCUMENT
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING TERHADAP PERILAKU ASERTIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 34 SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Zaemurhuda, Abror Ikhtiyar
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-25 03:05:16 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya beberapa masalah, yaitu: 1) perilaku siswa yang kurang percaya diri; 2) kurang berani mengungkapkan pendapat; dan 3) kurangnya kemampuan menolak secara tegas ajakan teman yang tidak sesuai dengan apa yang diinginkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming terhadap perilaku asertif siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan disain quasi experimental design dengan model nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 34 Semarang berjumlah 134 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII C berjumlah 34 siswa dengan pembagian kelompok eksperimen berjumlah 17 siswa dan kelompok kontrol berjumlah 17 siswa. Pembagian kelompok menggunakan teknik ordinal pairing. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket berupa skala psikologis. Teknik analisis data yang digunakan statistik deskriptif. Uji prasyarat data menggunakan validitas, reliabilitas, normalitas, dan linearitas. Uji hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan, bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming terhadap perilaku asertif, telah dilaksanakan dengan baik kepada siswa kelas VIII di SMP Negeri 34 Semarang. Pelaksanaan dilakukan empat kali dengan durasi waktu 1x45 menit pada tiap pertemuan. Hasil uji regresi linear sederhana, diperoleh nilai F-hitung sebesar 5,851 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,029 < 0,05, maka terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming terhadap perilaku asertif siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Semarang. Besarnya pengaruh yang diberikan dengan layanan bimbingan kelompok teknik brainstorming terhadap perilaku asertif siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Semarang, diperoleh nilai R- Square sebesar 0,281, maka layanan bimbingan kelompok teknik brainstorming memberikan pengaruh sebesar 28%. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming terhadap perilaku asertif siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Semarang dengan pengaruh sebesar 28%. Kata kunci: layanan bimbingan kelompok teknik brainstorming, perilaku asertif 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang