DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS PERPADUAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN TIME TOKEN TERHADAP BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI LISAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Fitriany, Ade Ayu
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-25 03:12:32 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas perpaduan model PBL (Problem Based Learning) dan Time Token terhadap berpikir kritis dan komunikasi lisan pada pembelajaran daring materi perubahan lingkungan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode True-Experimental Design, sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Control Design. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Batangan Pati. Waktu penelitian dilaksanakan semester genap tahun ajaran 2021/2022 pada bulan Juni 2022. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-MIPA 4 yang berjumlah 35 siswa dan kelas X-MIPA 5 yang berjumlah 35 siswa. Hasil rata-rata kelas kontrol memiliki persentase nilai sebesar 69,11%, sedangkan kelas eksperimen memiliki persentase nilai sebesar 74,72%. Keduanya berada pada kategori ?Cukup Efektif? berdasarkan klasifikasi uji Independent Sample T-test yang membuktikan bahwa perpaduan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dan Time Token efektif untuk meningkatkan berpikir kritis siswa, didukung oleh hasil uji Independent Sample T- test maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan mengenai efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Time Token sehingga mendapatkan hasil yang cukup efektif untuk meningkatkan komunikasi lisan siswa dalam proses pembelajaran daring materi Perubahan Lingkungan. Kata Kunci : problem based learning (pbl), time token., berpikir kritis, komunikasi lisan 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang