DETAIL DOCUMENT
UPAYA MENINGKATKAN LITERASI MELALUI POJOK BACA PADA ANAK DI KELOMPOK BERMAIN BABADAN DESA BABADAN KECAMATAN SAMBI, KABUPATEN BOYOLALI
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Wintari, Wintari
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-25 03:13:19 
Abstract :
Wintari ? UPAYA MENINGKATKAN LITERASI MELALUI POJOK BACA PADA ANAK KELOMPOK B DI KELOMPOK BERMAIN BABADAN 2022/2023?. Skripsi fakultas ilmu Pendidikan universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Muniroh Munawar,S.Pi.,M.Pd. Dosen Pembimbing II Dwi Prasetiyawati D.H,S.Pd,M.Pd. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah minat anak dalam literasi masih rendah. Hal ini dikarenakan kemampuan membaca anak belum terbina dengan maksimal, faktor fasilitas yang mendukung belum memadai. Berdasarkan uraian latar belakang masalah tersebut maka penulis merumuskan bagaimana upaya meningkatkan literasi melalui pojok baca di Kelompok Bermain Babadan Tahun Ajaran 2022/2023 Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan literasi pada anak melalui pojok baca pada anak kelompok B di Kelompok Bermain Babadan Jenis penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang terdiri atas rangkaian empat kegiatan utama yang dilakukan dalam siklus berulang yaitu: perecanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di Kelompok Bermain Babadan yang terdiri dari 5 anak laki laki dan 4 anak perempuan. Penelitian ini diperoleh dengan Teknik analisis deskriptif yang bersifat kualitatif. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua kali hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan membaca dengan pengunaan media pojok bacak peningkatan tersebut yaitu siklus I mecapai 40%, pada siklus II mencapai 80% kesimpulan dari penelitian ini dengan menggunakan pojok baca dapat meningkatkan kemampuan membaca kelompok B di Kelompok Bermain Babadan Berdasarkan hasil penelitia yang dilakukan terdapat beberapa saran bagi guru, hendaknya lebih kreatif da aktif dalam menarik minat anak untuk mengikuti kegiatan pembelajaran, bagi sekolah sebaiknya menyediakan prasarana dan sarana yang dibutuhkan dan bagi orang tua hendaknya memahami kebutuhan anak dengan segala kekurangan dan kelebihannya. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang