DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN KELAS IV SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Khotimah, Wonadesma Dwi
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-25 03:24:51 
Abstract :
WONADESMA DWI KHOTIMAH, NPM 16120034 ? Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Operasi Hitung Campuran Kelas IV Sekolah Dasar?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Aries Tika Damayani,. S.Pd.,M.Pd., dan Pembimbing II Ryky Mandar Sary, S.Pd.,M.Pd., Maret 2023. Fokus penelitian ini membahas kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita pada materi operasi hitung campuran dan faktor penyebab kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita pada materi operasi hitung campuran. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita pada materi operasi hitung campuran,(2) untuk mengidentifikasi faktor penyebab kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita pada materi operasi hitung campuran. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 10 orang dan guru kelas IV SD Negeri 1 Sulursari. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes dan wawancara. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri, peneliti juga menggunakan instrumen lainya untuk mendukung dalam memperoleh data yaitu tes materi operasi hitung campuran yang terdiri dari 5 soal uraian, lembar wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan data. Keabsahan data yang digunakan berupa triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) siswa kelas IV mengalami kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita materi operasi hitung campuran, yang meliputi kesulitan memahami konsep, kesulitan dalam keterampilan, dan kesulitan memecahkan masalah, (2) faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita pada materi operasi hitung campuran yaitu berasal dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang berasal dari dalam diri siswa yaitu (a) sikap belajar siswa dalam belajar matematika, (b) motivasi belajar siswa dan (c) kesehatan tubuh siswa. Sedangkan faktor eksternal yang berasal dari luar siswa yaitu kurangnya (a) variasi guru dalam mengajar, (b) penggunaan media pembelajaran, (c) sarana prasarana di sekolah dan (d) lingkungan keluarga siswa. Saran dalam penelitian ini, kepada siswa yaitu (1) ketika dalam pembelajaran sebaiknya memperhatikan guru ketika menjelaskan materi dengan baik, sehingga ketika belum paham materi bisa bertanya kepada guru, (2) perbanyak latihan soal agar semakin paham, ketika mengerjakan soal sebaiknya dengan teliti tidak perlu terburu-buru. Saran yang disampaikan kepada guru yaitu (1) guru lebih memperhatikan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa, (2) sebaiknya guru ketika mengajar menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan menggunakan media pembelajaran yang konkret. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang