DETAIL DOCUMENT
PENGARUH HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP DISIPLIN PESERTA DIDIK DI MTs NEGERI 01 KOTA SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Nurtanto, Yeyen
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-25 03:46:57 
Abstract :
Yeyen Nurtanto. ?Pengaruh Antara Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Terhadap Disiplin Peserta Didik Di MTs Negeri 01 Kota Semarang?. Skripsi. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan. Universitas PGRI Semarang. 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya disiplin peserta didik yang belum maksimal. Kondisi tersebut diduga adanya hasil belajar peserta didik yang belum optimal, dibuktikan dengan nilai Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas VIII dengan rata-rata nilai 75. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh hasil belajar PPKn Terhadap disiplin peserta didik di MTs Negeri 01 Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan penelitian korelasional. Variabel penelitian meliputi variabel X adalah hasil belajar PPKn dan variabel Y adalah disiplin peserta didik di MTs Negeri 01 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk variabel X adalah dokumentasi yang berupa nilai raport PPKn peserta didik dalam raport dan variabel Y dilakukan dengan kuesioner.Teknik analisis data uji persyaratan penelitian yang menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pendidikan pancasila dan kewarganegaraan kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Semarang diperoleh nilai tertinggi 95, nilai terendah 68 dan rata-rata nilai 75 sesuai dengan KKM mata pelajaran PPKn. Untuk Skala disiplin peserta didik dengan skor tertinggi 90,skor terendah 50 rata-rata skor 76. Kemudian hasil penelitian juga menunjukan bahwa d tidak ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar PPKn terhadap disiplin peserta didik kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Semarang yaitu sebesar 0,1% dan uji t nilai ditunjukan nilai signifikansi sebesar 0,786 > 0,05 artinya tidak ada pengaruh antara kedua variabel. Kata Kunci: Disiplin, Hasil Belajar, PPKn. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang