DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN IMPLEMENTASI BIMBINGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP GURU DI SMP NEGERI 1 CEPOGO, BOYOLALI
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
YUWONO, AGUS
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-25 03:56:25 
Abstract :
Perubahan merupakan suatu keniscayaan di dunia ini, dan orang yang mampu menyikapi perubahan tersebutlah yang akan bertahan. Begitu pula halnya dalama dunia pendidikan, guru dituntut beradaptasi dan memberikan inovasi dalam pembelajaran terutama terkait perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta media pembelajaran. Akan tetapi yang terjadi di alam nyata tidaklah selalu sesuai pengharapan, tidak semua guru mampu mengoperasikan perangkat teknologi komputer dan mengembangkan media pembelajaran dengan baik apalagi bila dirunut sejak persiapan sampai dengan pelaporan hasil belajar. Sehingga perlu adanya layanan bimbingan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang difasilitasi guru Teknologi Informasi dan Komunikasi kepada guru mata pelajaran agar dapat mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil implementasi bimbingan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap guru dalam proses belajar mengajar di SMP Negeri 1 Cepogo, Boyolali Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022. Sampel dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran sebanyak 32 orang dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase serta validasi ahli. Penelitian mengenai implementasi bimbingan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap guru dalam proses belajar mengajar di SMP Negeri 1 Cepogo Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022 memperoleh hasil yang tinggi. Hasil tersebut dapat dilihat dengan skala yang sangat tinggi pada pengembangan sumber belajar, pengembangan media belajar, proses pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan pelaporan hasil belajar. Hasil tinggi juga nampak pada persiapan pembelajaran. Atas dasar tersebut, sebaiknya kegiatan fasilitasi oleh guru Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap guru dalam proses belajar mengajar dikembangkan untuk kelanjutannya dengan baik agar keoptimalan penggunaan teknologi informasi dapat dicapai. Kata Kunci: Bimbingan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi, Guru Mata Pelajaran 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang