DETAIL DOCUMENT
UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK MELALUI GERAK DAN LAGU DOLANAN TRADISIONAL JAWA DI TK ISLAM AL FAJAR KECAMATAN CANDISARI KOTA SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Setyaningrum, Agustin Nur
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-25 03:58:44 
Abstract :
Pendidikan anak usia dini merupakan peletak dasar pertama dan utama dalam pengembangan pribadi anak baik berkaitan dengan karakter, kemampuan fisik, kognitif, bahasa, seni sosial emosional, spiritual, disiplin diri, maupun kemandirian. ?Anak usia dini adalah individu yang sedang mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat, bahkan dikatakan sebagai lom-patan perkembangan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan selama 2 minggu yang dimulai dari Minggu ke-1 tanggal 3 Januari 2022 sampai 5 Januari 2022, Minggu ke-2 tanggal 10 Januari 2022 sampai 12 Januari. Subyek penelitian adalah anak kelompok A yang berjumlah 22 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu 1) membuat perencanaan, 2) melakukan tindakan, 3) mengadakan pengamatan tindakan, 4) merefleksi hasil pengamatan tindakan, setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan. Data yang telah dikumpulkan dalam penelitian tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bermain melalui gerak dan lagu dolanan tradisional Jawa dapat meningkatkan rasa percaya diri anak di TK Islam Al Fajar Kecamatan Candisari Kota Semarang. Peningkatan rasa percaya diri tersebut dapat dilihat darihasil data observasi yang diperoleh dari setiap siklus yang mengalami peningkatan. Sebelum ada penelitian tindakan kelas rasa percaya diri anak belum berkembang sebesar 31,82% dan mulai berkembang menjadi 36,36% pada siklus I dan berkembang sangat baik menjadi 90,91% pada siklus II. Maka dari itu dari kegiatan awal sampai akhir berikanlah kesempatan pada tiap anak untuk aktif dalam menyampaikan pendapatnya. Dengan demikian semua anak mempunyai kesempatan yang sama untuk mengembangkan rasa percaya diri mereka masing - masing. Kata kunci : kepercayaan diri, gerak dan lagu dolanan tradisional jawa 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang