DETAIL DOCUMENT
PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS XI BROADCAST 2 SMK N 1 SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Adhesty, Yulia Niken
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-25 04:05:40 
Abstract :
Yulia Niken Adhesty NPM.18110123: ?Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Komunikasi Siswa Kelas XI SMK N 1 Semarang? Skripsi Program Studi Bimbingan dab Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang Tahun 2023. Dosen Pembimbing 1 : Dr. Dini Rakhmawati, S.Pd.,M.Pd., Dosen Pembimbing 2 : Dr. Venty, S.Ag.,M.Pd. Latar belakang Komunikasi interpersonal pada hakikatnya merupakan salah satu bentuk dari komunikasi pribadi. Komunikasi interpersonal adalah komunikasi antara orang-orang secara tatap muka, yang memungkinkan setiap pesertanya menangkap reaksi orang lain secara langsung, baik secara verbal maupun nonverbal. Rumusan masalah yang akan peneliti kaji adalah ?apakah ada pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik roleplaying terhadap komunikasi interpersonal siswa kelas XI BROADCAST 2 SMK N 1 Semarang??. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model penelitian kuantitatif quasi experimental design dengan menggunakan pendekatan pretest-posttest control group design, dalam desain ini terdapat dua kelompok yang dipilih secara random, kemudian diberi pretest dan posttest untuk mengetahui keadaan awal dan keadaan akhir adalah perbedaan hasil antara kelompok eksperimen dan kelompok control. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-test post-test control group design. Sebelum diberikan treatment, siswa terlebih dahulu diberikan pre-test. Hasil pengujian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa hasil signifikansi hipotesis menunjukkan 0,002 0,05. Sehingga hipotesisnya berbunyi bahwa ada pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik role playing terhadap komunikasi siswa kelas XI BROADCAST 2 SMK N 1 Semarang. Saran yang bisa disampaikan hendaknya guru memperhatikan keterampilan komunikasi siswanya agar proses belajar mengajar dikelas menjadi lebih hidup sehingga siswa bisa belajar dengan baik. Setelah adanya penelitian harapannya bisa mengembangkan Teknik-teknik yang lebih interaktif untuk memunculkan dinamika dalam kelompok. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Role Playing, Komunikasi Interpersonal 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang