DETAIL DOCUMENT
PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN REALITA TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
VISTA, ANISA BERLIANDA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-04 03:23:05 
Abstract :
ANISA BERLIANDA VISTA. NPM 19110080. ? Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Realita Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir?. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Siti Fitriana, S.Pd, M.Pd, Kons. dan Pembimbing II Dr. G. Rohastono Ajie, M.Pd. 2023. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil penyebaran kuesioner kepada mahasiswa tingkat akhir. Mahasiswa mengalami prokrastinasi akademik berupa menunda memulai dan menyelesaikan tugas seperti mempunyai perasaan khawatir dan takut karena belum menemukan referensi yang tepat , keterlambatan dalam mengerjakan tugas berupa melamunkan hal-hal diluar tugas sehingga penyelesaian tugas akhir menjadi terhambat, dari segi kesenjangan waktu antara rencana dan kinerja actual seperti ketika akan menemui dosen mahasiswa perasaanya takut dan kurang percaya diri pada hasil revisian, serta melakukan aktivitas lain yang lebih menyenangkan seperti senang berkumpul bersama teman daripada langsung menyelesaikan tugas akhir, jalan-jalan, berpergian dan melakukan kegiatan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan pendekatan realita terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat akhir. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian ini adalah one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir. Sampel pada penelitian ini ialah 5 anggota kelompok mahasiswa akhir yang dipilih dengan kategori tinggi dengan rentang nilai 58-74 yang saya gunakan treatment dengan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui skala psikologis. Pada uji Paired Sample T test dapat diperoleh bahwa hasil yang signifikan antara hasil penelitian pre test dan post test yang dapat diperoleh nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 maka dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Ho dalam penelitian ?ditolak? dan Ha ?diterima?. Terdapat perbedaan antara hasil penelitian pre test dan post test prokrastinasi akademik sesudah diberikan treatment pada layanan konseling kelompok dengan pendekatan realita. Sehingga dapat dikatakan bahwa ?Ada pengaruh layanan konseling kelompok dengan pendekatan realita terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat akhir?. Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat disampaikan adalah layanan konseling kelompok dengan pendekatan realita dapat digunakan untuk mengurangi prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat akhir. Kata Kunci : Konseling Kelompok, Realita, Prokrastinasi Akademik 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang