DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KESULITAN MEMBACA PEMULA SISWA KELAS I SD ISLAM NURUL QUR`AN KUDU GENUK SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Handayani, Yuni Dwi Sri
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-25 04:17:17 
Abstract :
YUNI DWI SRI HANDAYANI. NPM: 19120345, ?Analisis Kesulitan Membaca Pemula Siswa Kelas I SD Islam Nurul Qur?an Kudu Genuk Semarang?. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Sukamto, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II Mei Fita Asri Untari,S.Pd.,M.Pd. Latar belakang dalam penelitian ini adalah Membaca permulaan (Depdikbud, 1991) termasuk jenis-jenis pengajaran membaca dan menulis. Sedangkan menurut (Tarigan,1979) membaca permulaan adalah mengasosiasikan lambang tulisan sebagai proses mencocokkan huruf atau melafalkan yang ditempuh sebagai langkah yang pertama. Fokus penelitian ini adalah Faktor apa saja yang mempengaruhi kesulitan membaca pada siswa kelas I SD Islam Nurul Qur?an Kudu Semarang? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah menganalisis kesulitan membaca pemula pada siswa kelas I SD Islam Nurul Qur?an Kudu Semarang. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas I, dan Siswa Kelas I SD Islam Nurul Qur?an Kudu Semarang. Teknik pengumpulan data ini dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah siswa yang belum lancar membaca harus selalu berusaha untuk bisa serta lebih rajin dan semangat untuk membiasakan membaca, perhatian serta dorongan dari orang tua juga merupakan hal yang sangat penting dalam suatu pembelajaran membaca, oleh karena itu siswa kelas I SD Islam Nurul Qur?an Kudu Genuk Semarang dapat membaca dengan baik dan lancar. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang