DETAIL DOCUMENT
UPAYA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN AKTIF PUZZLE KARDUS PADA ANAK KELOMPOK B TK IDHATA II TEGOWANU KULON TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Karlina, Yuni
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-25 04:19:07 
Abstract :
YUNI KARLINA. NPM 20156037 ?Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Melalui Kegiatan Bermain Aktif Puzzle Kardus Pada Anak Kelompok B TK IDHATA II TEGOWANU KULON Tahun Pelajaran 2021/2022? Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendididkan Universitas PGRI Semarang. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya rasa Percaya diri anak yang disebabkan kurangnya metode bermain aktif di pergunakan dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat Rasa Percaya Diri Anak kelompok B TK Idhata II Tegowanu Kulon Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan pengumpulan data berupa perencanaan,pelaksanaan,observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini sebanyak 20 anak kelompok B TK Idhata II Tegowanu Kulon Tahun Ajaran 2021/2022. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian tindakan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan metode bermain aktif dapat meningkatkan rasa percaya diri anak kelompok B TK Idhata II Tegowanu Kulon dengan indikator pencapaiannya sebagai berikut: Sebelum tindakan ketuntasan rasa percaya diri anak pada kriteria kurang sebesar 15% dan mulai berkembang pada kriteria cukup yaitu 40% pada siklus I. Ketuntasan rasa percaya diri anak meningkat menjadi kriteria baik sekali pada siklus II dengan nilai 85% sehingga pembelajaran dapat dikatakan berhasil karena 80% dari 20 jumlah anak di TK IDHATA II Tegowanu Kulon telah mencapai indikator rasa percaya diri anak. Dari kegiatan awal sampai akhir dibiasakan anak untuk aktif. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya metode bermain aktif dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar. Kunci: Bermain aktif, Keterampilan bermain puzzle kardus. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang