Abstract :
Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan
penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi
program linear ditinjau dari tipe kepribadian extrovert dan introvert. Jenis
penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yang diambil
adalah siswa SMA kelas XI yang telah mendapatkan materi program linear yang
memiliki tipe kepribadian extrovert dan introvert. Teknik pengumpulan data yang
dilakukan yaitu dengan angket kepribadian Myer-Brigss Type Indicator (MBTI),
tes kemampuan penalaran matematis, wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber yaitu
dengan membandingkan data atau informasi dari sumber atau subjek yang
berbeda. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa bertipe kepribadian extrovert
hanya memenuhi tiga indikator kemampuan penalaran matematis yaitu (1)
menyajikan pernyataan matematika secara lisan, tertulis, gambar dan grafik, (2)
melakukan manipulasi matematika, dan (3) menyusun bukti, memberikan alasan
atau bukti terhadap beberapa solusi. Sedangkan siswa dengan tipe kepribadian
introvert memenuhi semua indikator kemampuan penalaran matematis.
Kata kunci: Profil, Kemampuan Penalaran Matematis, Tipe Kepribadian