DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI STATISTIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DI MTs NEGERI 02 SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Putri, Alifia Nur Haliza
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-25 04:37:17 
Abstract :
Setiap siswa harus memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis yang baik dalam pembelajaran matametika. Hal itu karena merupakan salah satu tujuan pembelajaran yang ada di kurikulum pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pemahaman konsep matematika yang dimiliki pada siswa kelas VIII MTsN 02 Semarang ditinjau dari gaya belajar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 2 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, test, dan wawancara. Teknik analisis data deskriptif kualitatif menggunakan software NVivo. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Gaya belajar siswa kelas VIII MTsN 02 Semarang diperoleh informasi ada sebanyak 42% gaya belajar visual, 32% dengan gaya belajar auditorial, 26% subjek memiliki gaya belajar kinestetik. Pemahaman konsep pada Subjek berdasarkan gaya belajar visual, kinestik dan auditioral memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis tidak ada perbedaan yang signifikan. Subjek sama-sama dapat mengerjakan soal tes dengan benar. Saran bagi guru dapat melatih siswa-siswa yang masih memiliki tingkat kemampuan pemahaman konsep sedang dengan memberikan latihan- latihan soal Kata kunci: Gaya Belajar, Pemahaman Konsep, Matematis 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang