DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN ANTARA TINGKAT AKTIVITAS FISIK, STATUS GIZI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP SE KECAMATAN NGAWEN
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Febryanto, Zola Albert Dita
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-25 04:43:32 
Abstract :
Zola Albert Dita Febryanto, Hubungan Antara Tingkat Aktivitas Fisik, Status Gizi Dan Prestasi Belajar Peserta Didik SMP se Kecamatan Ngawen. Universitas PGRI Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui Hubungan antara tingkat aktivitas fisik, status gizi dengan prestasi belajar peserta didik peserta SMP Se- Kecamatan Ngawen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMP se Kecamatan Ngawen. Sampel yang akan digunakan sebanyak 88 peserta didik SMP Se Kecamatan Ngawen Belajar nilai pearson correlation sebesar 0,047 < 0,2084 yang artinya tidak ada hubungan antara aktivitas fisik dengan prestasi belajar peserta didik SMP se Kecamatan Ngawen. Hal ini juga dapat dilihat pada nilai signifikan (p) sebesar 0,663 > 0,05. Hubungan Status Gizi dengan Prestasi Belajar nilai pearson correlation sebesar 0,318 > 0,2084 yang artinya ada hubungan antara aktivitas fisik dengan prestasi belajar peserta didik SMP se Kecamatan Ngawen. Hal ini juga dapat dilihat pada nilai signifikan (p) sebesar 0,003 < 0,05. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Ada hubungan positif antara status gizi dengan prestasi belajar peserta didik SMP se Kecamatan Ngawen. korelasinya bersifat positif yang artinya semakin status gizi meningkat maka prestasi belajar mengalami peningkatan, dengan memperhatikan koefisien korelasi sebesar 0,318. Hasil uji tersebut dilakukan dengan cara mengkonsultasi harga F hitung sebesar 4,985 > F tabel nya adalah 4,985 dan nilai signifikansinya sebesar 0,009 < 0,05. Dan harga R hitung = 0,324 > R2 adalah 0,105. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Ada hubungan antara Tingkat Aktivitas Fisik, Status Gizi dan Prestasi Belajar Peserta Didik SMP se Kecamatan Ngawen (Y). Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat meneliti lebih dalam tidak terbatas pada variabel tingkat aktivitas fisik, status gizi dan prestasi belajar saja, namun perlu adanya penambahan variabel lainnya, penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperluas populasi pada SMP Se- Kecamatan Ngawen. Kata Kunci: Tingkat Aktivitas Fisik, Status Gizi, Prestasi Belajar 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang