DETAIL DOCUMENT
ANALISIS MINAT BELAJAR BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 01 BANJARSARI KECAMATAN TALUN
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
FITROKHA, ANA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-25 04:47:42 
Abstract :
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah berubahnya kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka, dimana pada kurikulum merdeka ini hanya pada kelas I dan kelas IV, dan adanya mata pelajaran tambahan yaitu Bahasa Inggris. Sehingga para peserta didik diamati minat pembelajaran baru yaitu Bahasa Inggris. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis minat belajar Bahasa Inggris pada peserta didik kelas IV SD Negeri 01 Banjarsari Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi, wawancara, angket, soal Bahasa Inggris dan dokumentasi. Setting penelitian dilakukan di SD Negeri 01 Banjarsari Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan. Metode analisis data menggunakan reduksi data, menampilkan data dan menarik kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknis yaitu cara membandingkan informasi antara data hasil soal tes dan wawancara Hasil penelitian mengungkapkan bahwa peserta didik memiliki minat pembelajaran Bahasa Inggris yang tinggi sesuai dari lima indikator minat belajar, dari indikator tersebut masing-masing aspek mendapat skor di atas 50% dan sesuai dengan keterangan angket bahwa 27 peserta didik (100%) senang terhadap mata pelajaran Bahasa Inggris Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa minat belajar Bahasa Inggris peserta didik tinggi, selain itu seluruh peserta didik sangat senang terhadap mata pelajaran Bahasa Inggris. Para peserta didik sangat antusias untuk mengikuti mata pelajaran Bahasa Inggris. Kata kunci : Analisis, Minat Belajar, Bahasa Inggris. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang