DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NURUL ULUM SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Kamila, Zulfa
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-25 04:48:32 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model problem based learning dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi pada peserta didik kelas VIII SMP Nurul Ulum Semarang. Berdasarkan hasil observasi terdapat masalah pada peserta didik kelas VIII di SMP Nurul Ulum Semarang yaitu peserta didik kesusahan untuk mencari imajinasi untuk membuat sebuat sebuah puisi, karena penggunaan metode yang diterapkan oleh pendidik kurang tepat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan teknik non tes. Teknik non tes berupa wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, sebelum diterapkan model problem based learning dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi, guru masih menggunakan teknik ceramah untuk menjelaskan tentang materi puisi dan hanya menggunakan buku kumpulan puisi sebagai bahan pendukung pembelajarannya. Setelah diterapkan model problem based learning terbukti peserta didik lebih bisa berpikir kritis dan hasil pengetahuan, serta nilai peserta didik naik di atas KKM. Peserta didik juga lebih mudah untuk menemukan imajinasi untuk membuat sebuah puisi. Kata kunci: keterampilan menulis, berpikir kritis, model problem based learning. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang