DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPAS BERBASIS STEAM PADA MATERI MEMBANGUN MASYARAKAT YANG BERADAB KELAS 4 DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SDN 4 KLAMBU
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Nikmah, Zulfanatun
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-25 04:51:10 
Abstract :
ZULFATUN NIKMAH. NPM 19120394. ?Implementasi Pembelajaran IPAS Berbasis STEAM pada Materi Membangun Masyarakat yang Beradab Kelas 4 dalam Kurikulum Merdeka di SDN 4 Klambu?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023. Pemerintah mengeluarkan kebijakan kurikulum merdeka sebagai langkah memulihkan pembelajaran setelah pandemi Covid-19. Kurikulum merdeka ini memiliki keunggulan yakni berfokus pada materi esensial dan pengembangan peserta didik pada fasenya. Salah satu pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum merdeka ini adalah pembelajaran berbasis STEAM. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurikulum merdeka menuntut guru untuk mempelajari kurikulum merdeka secara mandiri melalui platform Merdeka Belajar yang disediakan pemerintah. Sedangkan berdasar data kemdikbudristek 60% guru masih terbatas menggunakan teknologi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pembelajaran IPAS berbasis STEAM pada materi Membangun Masyarakat yang Beradab kelas 4 dalam kurikulum merdeka di SDN 4 Klambu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran IPAS berbasis STEAM pada materi Membangun Masyarakat yang Beradab kelas 4 dalam kurikulum merdeka di SDN 4 Klambu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah guru dan peserta didik kelas 4 SDN 4 Klambu. Data dalam penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran IPAS berbasis STEAM pada materi Membangun Masyarakat yang Beradab kelas 4 dalam kurikulum merdeka di SDN 4 Klambu sudah berjalan dengan sangat baik. Guru berusaha mengimplementasikan pembelajaran IPAS berbasis STEAM dengan memanfaatkan lingkungan sekitar peserta didik. Melalui pembelajaran STEAM peserta didik lebih mudah memahami materi karena terlibat secara langsung dalam proses belajar. Saran yang dapat disampaikan adalah hendaknya melakukan monitoring dan pelatihan berkelanjutan terhadap pelaksanaan pembelajaran IPAS berbasis STEAM agar kualitas pembelajaran di SDN 4 Klambu dapat terus meningkat. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang