DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTU SNAKE GAME UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS II PADA TEMA 5 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 SD KRISTEN IMANUEL SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
FATIN., ANGELUSIA AMANDA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-25 04:54:59 
Abstract :
Latar belakang dalam melakukan penelitian ini karena kurangnya variasi model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran, siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan kurang memunculkan pengalaman bermakna dari ceramah guru. Peneliti merumuskan masalah pada bagaimana cara meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi alat ukur panjang dan satuannya dan seberapa besar peningkatan kemampuan siswa dalam penerapan model pembelajaran picture and picture berbantu snake game. Peneliti menggunakan model pembelajaran picture and picture berbantu snake game dengan tujuan yaitu: untuk menganalisis peningkatan kemampuan siswa dalam penerapan model picture and picture berbantu snake game pada tema 5 subtema 1 pembelajaran 3. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas model Kurt Lewin yang terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Kristen Imanuel Semarang tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 13 siswa terdiri dari 7 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan penilaian tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, teknik persentase, teknik deskriptif kualitatif, dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah bahwa dalam pelaksanaan model pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran Matematika, siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Siswa menyimak penjelasan materi dari guru dengan media gambar, yang kemudian siswa akan diminta memasang/mengurutkan gambar- gambar menjadi urutan yang logis dengan nama dan satuannya. Selanjutnya, guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut yang selanjutnya konsep materi dipertegas. Untuk mempertegas pemahaman siswa, maka guru bersama siswa bermain ?Snake game?. Penerapan model pembelajaran picture and picture berbantu snake game dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan pada pretest dengan ketuntasan sebesar 31% dan nilai rata-rata 63,4, selanjutnya ketuntasan siklus I sebesar 77% dengan nilai rata-rata 76,8. Peneliti melanjutkan ke siklus II untuk menilai efektivitas penerapan model pembelajaran ini di kelas inklusif, dengan demikian ketuntasan siklus II sebesar 92% dengan nilai rata-rata 88,6. Dinyatakan berhasil karena sudah tercapai indikator keberhasilan dengan uji N-gain sebesar 0,51 dengan kategori sedang. Saran pada penelitian ini adalah guru dapat menjelaskan proses pembelajaran dengan sintaks model pembelajaran picture and picture agar siswa memahami proses pembelajaran yang akan dilalui sehingga siswa termotivasi untuk mengikuti pembelajaran dengan baik. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang