DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK POCKET BOOK MATEMATIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Nurfitriani, Anisa
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-25 06:51:04 
Abstract :
Kurangnya inovasi bahan ajar dalam pembelajaran yang praktis. Bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran kurang mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran, menyebabkan hasil belajar siswa menurun. Oleh karena itu, peneliti mecari solusi dengan mengembangkan bahan ajar berbentuk pocket book matematika berbasis discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar pada materi lingkaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan bahan ajar berbentuk pocket book matematika berbasis discovery learning yang valid dan praktis untuk meningkatkan hasil belajar, dan mengetahui pembelajaran menggunakan bahan ajar berbentuk pocket book matematika berbasis discovery learning lebih baik atau tidak daripada pembelajaran tanpa menggunakan pocket book matematika berbasis discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development dengan menggunkan model pengembangan ADDIE yang dimodifikasi menjadi lima tahap yaitu Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa SMP N Tlogowungu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Sebelum diujicobakan bahan ajar terlebih dahulu dilakukan validasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil dari validasi ahli media berkriteria sangat baik, yaitu ahli media sebesar 87,5%, sedangkan ahli materi sebesar 88,5%. Presentase kepraktisan pocket book sebesar 86% berada pada kriteria sangat setuju. Uji t pihak kanan diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,13274 > 1,67252. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar pocket book matematika berbasis discovery learning lebih baik daripada tanpa menggunakan bahan ajar pocket book matematika berbasis discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci: Bahan Ajar, Pocket Book, Discovery Learning, Hasil Belajar. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang