DETAIL DOCUMENT
ANALISIS MOTIVASI BELAJAR HAFALAN AL-QUR’AN ANAK USIA DINI 4-5 TAHUN MELALUI MEDIA PAPAN REWARD DI TK IT BINA AMAL
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
RAHMASARI, ARYANI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-25 07:15:19 
Abstract :
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah adanya anak usia dini yang mengalami masalah dalam motivasi belajar hafalan Al Qur?an usia4-5 tahun. Dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya, ada anak yang ada yang sulit berkonsentrasi, dan motivasi anak yang kurang sehingga tidak bisa mengikuti pembelajaran dengan baik. Dalam kegiatan belajar mengajar di TKIT Bina Amal khususnya dalam menghafal Al Qur?an melalui media papan reward dapat memotivasi belajar. Hal ini diketahui dari pembelajaran media papan reward anak didik memiliki minat, semangat serta antusiasme dalam proses kegiatan pembelajaran sehingga anak didik dapat tekun, ulet, lebih senang melakukan sendiri, dapat mempertahankan pendapatnya, dan tidak mudah melepaskan apa yang dia yakini. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini berlokasi di TKIT Bina Amal Semarang dengan memfokuskan sebagai subjek adalah guru dan murid kelas A TKIT Bina Amal. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 1 guru kelas, dan 14 siswa. Data dikumpulkan menggunakan tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dianalisa dan diolah sehingga mendapat kesimpulan dari permasalahan yang ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar anak didik melalui media papan reward berhasil berkembang sangat baik. Hal tersebut terlihat bahwa anak didi memiliki tekun menghadapi tugas, ulet menghadapi kesulitan, menunjukkan minat, mandiri, percaya diri, dan tidak mudah melepaskan yang hal-hal yang diyakini. Dalam hal menumbuhkan, mengembangkan, mengefektifkan, dan menstimulasi motivasi belajar, guru perlu memilih media yang tepat. Saran yang dapat disampaikan, guru menggunakan media papan reward dan tetap memberikan reward kepada semua anak yang sudah berusaha belajar menghafal Al Qur?an sehingga dapat meningkatkan produktivitas sekolah. Kata Kunci: Motivasi belajar, hafalan alqur?an, media papan reward, anak usia dini 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang