DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POCKET BOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Yuwana, Cahya Aulia Ramadhan
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-25 08:07:44 
Abstract :
Kurangnya ide media pembelajaran yang kreatif dan mudah digunakan dalam pembelajaran sebagai penyesuaian perkembangan zaman sekarang. Media pembelajaran yang sederhana dan kurang inovatif bersifat satu arah sehingga menyebabkan kurangnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Karena hal tersebut, peneliti mencoba mencari sebuah solusi dengan mengembangkan media pembelajaran Pocket Book berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi transformasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran Pocket Book berbasis kearifan lokal yang valid (layak) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis, dan mengetahui penggunaan media pembelajaran Pocket Book berbasis kearifan lokal yang efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis Penelitian adalah penelitian Research and Development. Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan desain penelitian pretest dan posttest kelas eksperimen dan kontrol. Sebelum diuji cobakan media pembelajaran terlebih dahulu dilakukan uji validasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil dari validasi ahli media berkriteria baik dan ahli materi berkriteria sangat baik, yaitu untuk ahli media 75% dan ahli materi 93%. Media tersebut layak untuk digunakan. Perhitungan efektifitas pembelajaran pada data akhir untuk uji ketuntasan kelas ekperimen diperoleh 83% sehingga tercapai. Selanjutnya dilakukan uji beda rerata dengan uji-t satu pihak diperoleh thitung > ttabel, 1,88303 > 1,671, maka H0 ditolak. Sedangkan uji n-Gain untuk kelas ekperimen diperoleh 0,39 berkategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Pocket Book berbasis kearifan lokal efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Pocket Book, Pemahaman Konsep Matematis 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang