DETAIL DOCUMENT
DESAIN DIDAKTIS PADA CAPAIAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BILANGAN PECAHAN DI KELAS IV SD NEGERI REJOSARI 02 KOTA SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
AGUSTIN, DELLA NIRWANA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-26 01:55:03 
Abstract :
DELLA NIRWANA AGUSTIN. NPM 18120218. ?Desain Didaktis pada Capaian Pembelajaran Matematika Bilangan Pecahan di Kelas IV SD Negeri Rejosari 02 Kota Semarang?. Skripsi. Program Studi Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Aries Tika Damayani, S.Pd., M.Pd. dan Dosen Pembimbing II Mudzanatun S.Pd., M.Pd. 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan belajar yang dialami peserta didik pada materi pecahan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Desain didaktis yang digunakan guru, 2) Hambatan belajar peserta didik kelas IV pada pembelajaran pecahan, 3) Rancangan desain didaktis yang tepat untuk mengatasi hambatan belajar, dan 4) Keberhasilan penerapan desain didaktis dalam meningkatkan kemampuan peserta didik. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan desain didaktis yang digunakan guru, mengidentifikasi hambatan belajar peserta didik kelas IV pada pembelajaran pecahan, merancang desain didaktis pembelajaran pecahan yang tepat untuk mengatasi hambatan belajar, serta menganalisis keberhasilan penerapan desain didaktis dalam meningkatkan kemampuan peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dikembangkan dengan mengacu pada Desain Didaktis atau Didactial Design Research (DDR). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh sebagai berikut: 1) Desain didaktis guru disesuaikan dengan Kurikulum Merdeka dan mengaitkan modul ajar dengan Profil Pelajar Pancasila. 2) Hambatan yang dialami yaitu menentukan nilai pembilang dan penyebut, menentukan pecahan dari gambar, dan pengoperasiannya. 3) Terdapat rancangan desain didaktis awal dan akhir untuk mengurangi hambatan belajar. 4) Desain didaktis mampu mengurangi kesulitan belajar peserta didik dan dapat diikuti dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disampaikan saran sebagai berikut: 1) Desain didaktis dapat dikembangkan oleh guru secara berkelanjutan dengan materi yang berbeda. 2) Desain didaktis dapat diimplementasikan lebih dari satu kelas agar lebih meyakinkan dalam mengatasi hambatan belajar. 3) Peserta didik dapat lebih aktif dan giat dalam belajar agar memperoleh hasil belajar yang maksimal. Kata Kunci: Desain didaktis, Hambatan belajar, Bilangan pecahan 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang