DETAIL DOCUMENT
PENANAMAN DISIPLIN PESERTA DIDIK MELALUI KETELADANAN GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 UNGARAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
SAFITRI, DESI INDAH
Subject
JA Political science (General) 
Datestamp
2024-01-26 02:10:04 
Abstract :
Desi Indah Safitri, NPM. 19210031 ?Penanaman Disiplin Peserta Didik Melalui Keteladanan Guru Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Ungaran?. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Univrsitas PGRI Semarang, 2023. Latar belakang penelitian ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3, ?Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan pengetahuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi perserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwah kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat dan berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab?. Hal tersebut menegaskan bahwa lembaga pendidikan menjadi peran penting dalam mengembangkan pengetahuan dan membentuk kepribadian peserta didik yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui disiplin peserta didik melalui keteladanan guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 5 Ungaran. Jenis penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang dijadikan sebagai sumber informasi yaitu guru PPKn dan peserta didik. Fokus dalam penelitin ini adalah penanaman disiplin peserta didik melalui keteladanan guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 5 Ungaran. Indikator pada penelitian ini yaitu bentuk-bentuk disiplin yang akan ditanamkan melalui keteladanan guru PPKn, internalisasi keteladanan guru PPKn dalam menanamkan disiplin, dan faktor penghambat dan pendukung keteladanan guru PPKn dalam menanamkan disiplin. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian, dan kesimpulan. Hasil penelitian terkait penanaman disiplin peserta didik melalui keteladanan guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 5 Ungaran menunjukan bahwa pertama, bentuk-bentuk disiplin yang ditanamkan melalui keteladanan guru PPKn yakni guru PPKn menjadi model atau contoh yang baik bagi peserta didik. Kedua, internalisasi keteladanan guru PPKn dalam menanamkan disiplin dilakukan melalui kegiatan seperti kegiatan berjabat tangan dan 5S, kegiatan upacara bendera, kegiatan shalat berjama?ah, pembiasaan bertutur kata, peserta didik mengikuti kegiatan pramuka, dan peserta didik mengikuti kegiatan ekstrakulikuler. Ketiga, faktor penghambat dalam menanamkan disiplin yakni faktor keluarga dan faktor lingkungan sekitar sedangkan faktor pendukung dalam menanamkan disiplin yakni faktor waktu, faktor partisipasi peserta didik, dan faktor motivasi. Kata Kunci : Penanaman, disiplin peserta didik 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang