DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 CEPU
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
FITRIYANTI, DESITA NUGRAHENI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-26 02:14:18 
Abstract :
Desita Nugraheni Fitriyanti. NPM 18110052. ?Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Penyesuaian Diri Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Cepu?. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2022. Dosen Pembimbing I : Dr. Heri Saptadi Ismanto, S.Pd., M.Pd., Kons. Pembimbing II : Padmi Dhyah Yulianti, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Penelitian Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Penyesuaian Diri Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Cepu di latar belakangi oleh rendahnya kamampuan penyesuaian diri siswa, hal ini ditandai dengan hasil AKPD yang masih banyak siswa memilih butir item ?saya belum banyak mengenal lingkungan sekolah?. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu adakah hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan penyesuaian diri siswa kelas XI SMA Negeri 2 Cepu. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Antara Konsep Diri dengan Penyesuaian Diri Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Cepu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Cepu dengan jumlah 287 siswa. Kelas yang menjadi kelas uji coba (tryout) yaitu kelas XI MIPA 3, dan XI IPS 2 menjadi sampel penelitian. Teknik pengambilan sampling pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Data penelitian ini diperoleh melalui skala konsep diri dan skala penyesuaian diri. Berdasarkan uji korelasi pearson product moment, diperoleh nilai korelasi r hitung 0,738. Sedangkan nilai r tabel untuk jumlah sampel 71 dengan taraf signifikasi 5% diperoleh sebesar 0,233. Oleh karena itu nilai r hitung 0,738 > r tabel 0,233 dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan penyesuaian diri siswa kelas XI SMA Negeri 2 Cepu. Hubungan tersebut menunjukkan ke arah hubungan positif, dikarenakan nilai r hitung yang diperoleh bertanda positif. Hubungan positif tersebut memiliki arti bahwa jika konsep diri semakin tinggi maka kepercayaan diri siswa juga semakin tinggi, begitu sebaliknya jika konsep diri siswa rendah maka kepercayaan diri siswa juga rendah. Kata Kunci : Konsep diri, penyesuaian diri, siswa. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang