DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN KECANDUAN DALAM PENGGUNAAN GAWAI PADA SISWA SMK N 8 SEMARANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
RAHMAWATI, DHEVA WIDYA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-26 02:38:58 
Abstract :
Dheva Widya Rahmawati. 18110118 :?Hubungan antara Kontrol Diri dengan Kecanduan dalam Penggunaan Gawai pada Siswa SMK Negeri 8 Semarang?. Skripsi, Program Studi Bimbingan Dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M. Pd Desi Maulia,S.Psi.,M.Psi.,Psikolog. 2023. Berdasarkan latar belakang masalah siswa menggunakan waktu untuk bermain atau menggunakan gawai adalah lebih dari 6 jam per hari, dan hingga larut malam yang mengakibatkan terlambat hadir ke sekolah, siswa masih kesulitan mengatur jadwal antara belajar dan bermain gawai sehingga dapat mengganggu aktivitas yang di jalankan, masih banyak siswa yang belum bisa memanfaatkan gawai dengan maksimal dalam kegiatan sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional, karena bertujuan untuk menemukan hubungan antara kontrol diri dengan kecanduan dalam penggunaan gawai pada siswa SMK Negeri 8 Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI DKV SMK Negeri 8 Semarang yang berjumlah 108 siswa dari tiga kelas. Try out akan dilaksanakan di XI DKV 1 dengan jumlah siswa 36 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik teknik sampling jenuh karena jumlah populasi yang relatif kecil. Sehingga sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 72 siswa. Analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah korelasi Rank Spearman. Hasil analisis deskriptif menunjukkan kecanduan dalam penggunaan gawai diperoleh hasil jumlah dari keseluruhan rata-rata sebesar 68,5% termasuk kategori tinggi dan kontrol diri diperoleh hasil jumlah dari keseluruhan rata-rata sebesar adalah 54,9%. Hasil analisis uji hipotesis menunjukkan r hitung -0,357 > r tabel 0,201. Hasil r hitung sebesar -0,357 menunjukkan bahwa hasil hipotesis penelitian ini yaitu ?ada hubungan antara kontrol diri dengan kecanduan dalam penggunaan gawai? yang dapat diuji secara empiris oleh data yang terkumpul dan diterima. Hal ini juga menunjukkan terdapat hubungan signifikan dengan arah negatif antara kecanduan penggunaan gawai dengan kontrol diri pada siswa SMK N 8 Semarang. Artinya semakin tinggi kecanduan penggunaan gawai semakin rendah kontrol diri begitu pula sebaliknya. Kontrol diri memberikan sumbangan efektif sebesar 12,74% terhadap kecanduan dalam penggunaan gawai, selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya guru BK dapat memberikan layanan untuk mengurangi kecanduan dalan menggunakan gawai dan meningkatkan kontrol diri siswa, sehingga nantinya siswa mampu untuk mengendalikan dirinya dalam menggunakan gawai. Kata Kunci : Kontrol Diri, Kecanduan Penggunaan Gawai. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang