DETAIL DOCUMENT
PENGARUH DAYA TARIK, FASILITAS, HARGA TIKET, DAN PELAYANAN OBJEK WISATA TERHADAP MINAT KUNJUNGAN KE PANTAI CARUBAN KABUPATEN REMBANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Wulandari, Diah Ayu
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2024-01-26 02:46:17 
Abstract :
Diah Ayu Wulandari, ?Pengaruh Daya Tarik, Fasilitas, Harga Tiket, dan Pelayanan Objek Wisata Terhadap Minat Kunjungan ke Pantai Caruban Kabupaten Rembang?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang. 2023. Penelitian dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan di Pantai Caruban Kabupaten Rembang yang menyatakan bahwa jumlah pengunjung mengalami penurunan dari tahun 2016-2020. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Menguji pengaruh daya tarik objek wisata terhadap minat kunjungan ke Pantai Caruban di Rembang, 2) Menguji pengaruh fasilitas objek wisata terhadap minat kunjungan ke Pantai Caruban di Rembang, 3) Menguji pengaruh penerapan harga tiket objek wisata terhadap minat kunjungan ke Pantai Caruban di Rembang, 4) Menguji pengaruh pelayanan objek wisata terhadap minat kunjungan ke Pantai Caruban di Rembang, 5) Menguji pengaruh daya tarik, fasilitas, harga tiket, dan pelayanan objek wisata terhadap minat kunjungan ke Pantai Caruban di Rembang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis data regresi linear berganda melalui uji asumsi klasik, uji t, dan uji F. Subyek pada penelitian ini adalah pengunjung Pantai Caruban Kabupaten Rembang. instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Sampel pada penelitian ini sebesar 100 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh daya tarik, fasilitas, harga tiket, dan pelayanan terhadap minat berkunjung di Pantai Caruban sebesar 57%. Secara parsial ditunjukkan hasil bahwa 1) Daya tarik berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung ke Pantai Caruban. 2) Fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung ke Pantai Caruban. 3) Harga tiket tidak berpengaruh terhadap minat kunjungan ke Pantai Caruban. 4) Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung ke Pantai Caruban. 5) Daya tarik, fasilitas, harga tiket, dan pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung ke Pantai Caruban. Kata kunci : Daya Tarik, Fasilitas, Harga Tiket, Pelayanan 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang