DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERFIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN PADA SISWA KELAS V SD PASARBATANG 5 BREBES DALAM MASA PANDEMI
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
ARROFI, AULIYA NISA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-03-08 06:27:37 
Abstract :
AULIYA NISA ARROFI. NPM 17120066. ?Pengaruh Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Berfikir Tingkat Tinggi (HOTS) Materi Operasi Hitung Pecahan Pada Sisa Kelas V SDN Pasarbatang 5 Brebes Dalam Masa Pandemi?.Skripsi.Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.FakultasIlmuPendidikanUniversitasPGRISemarang.Rofian, S.Pd., M. Pd., Dr. Bagus Ardi Saputro S.Pd., M. Pd.Juli. 2022. Latar belakangyang mendorong penelitian ini adalah pada masa pandemi pembelajaran Matematika khususnya materi operasi hitung pecahan menemui banak kendala dan kesulitan. Hal ini terbukti dengan ditemukannya banyak kesalahan dari siswa saat mengerjakan soal tes dari materi tersebut, baik soal yang mudah terlebih yang sulit. Kesalahan siswa tersebut adalah bukti dari menurunnya hasil belajar berpikir tinggi (HOTS) siswa. Untuk itu diperlukan media pembelajaran untuk meningkatkan HOTS siswa. Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa. Metode penelitian yang digunakanadalah metode kuasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas V A sebagai kelas eksperimen sedankan kelas V B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakanyaitu observasi, tes, angket, dan dokumentasi.Teknikanalisisdataberupauji validitas dan reliabilitas, serta uji prasyarat analisis. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1) Penerapan pembelajaran berbantuan media video terbukti dapat meningkatkan HOTS pada pembelajaran matematika materi operasi hitung campuran. (2) Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Penerapan pembelajaran berbantuan media video pada kelas eksperimen lebih baik daripada pembelajaran konvensional di masa pandemi. Siswa yang menggunakan pembelajaran berbantuan media video memiliki peningkatan HOTS yang lebih tinggi dibanding siswa yang menggunakan model pembelajaran daring konvensional. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah penerapan media pembelajaran berbantuan video dapat dijadikan salah satu pilihan bagi guru dalam menerapkan pembelajaran karena dapat meningkatkan hasil belajar berpikir tinggi (HOTS) siswa. Kata kunci: higher order thinking skills, penerapan pemelajaran berbantuan video, pandemi 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang