DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS TEMA 9 BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI NGIJO 01 GUNUNGPATI
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
MARSHELLA, AGATA DWI
Subject
LB1501 Primary Education 
Datestamp
2024-03-08 06:27:47 
Abstract :
AGATA DWI MARSHELLA. NPM 18120118. ?Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Etnosains Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita terhadap Hasil Belajar kelas V SD Negeri Ngijo 01 Gunungpati?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang 2022. Pembimbing I Dr. Fine Reffiane, S.Pd, M.Pd. Pembimbing II Eka Sari Setianingsih, S.Pd, M.Pd. Agustus. 2022. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang masih belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70. Hal tersebut dalam memberikan pembelajaran pada Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya guru belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, siswa hanya mendengarkan materi yang diajarkan. Sehingga siswa kelas V di SD Negeri Ngijo 01 Gunungpati menjadi pasif menyebabkan siswa menjadi bosan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre- Experimental Design dengan desain One-Group Pre-test- Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Ngijo 01 Gunungpati tahun pelajaran 2021/2022. sampel yang diambil adalah 25 siswa, dengan menggunakan Teknik non probability sampling dengan teknik sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data maka diperoleh rata-rata pre-test yaitu 60,2 dan rata-rata posttest yaitu 82,4. Dari pengujian hipotesis uji-t d didapat = 11,7659 dan dengan db = = 25 + 25 ? 1 = 49, dan taraf signifikansi 5% didapat nilai = 2,016. Dikarenakan > yaitu 11,7659 > 2,016, maka ditolak. Artinya ada perbedaan antara rata-rata nilai hasil belajar pre-test dengan rata-rata nilai hasil belajar posttest pada tema 9 benda-benda di sekitar kita kelas V. Pada hasil perhitungan n-gain sebesar 0,56 artinya siswa mengalami peningkatan hasil belajar dengan kategori sedang. Hasil belajar pre-test ? posttest siswa menunjukkan kenaikan ketuntasan belajar klasikal yaitu 60% dilihat dari nilai pre-test memperoleh hasil yaitu 40% dan nilai posttest yaitu 100%. Hasil belajar setelah diberi perlakuan telah memenuhi indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu ?85%. Dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar pre-test ? posttest, maka model project based learning berbasis etnosains memiliki pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Ngijo 01 Gunungpati. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model project based learning berbasis etnosains tema 9 benda-benda di sekitar kita terhadap hasil belajar kelas V SD Negeri Ngijo 01 Gunungpati. Kata Kunci : Model Project Based Learning, Etnosains, Hasil Belajar 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang