DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ANIMASI POWTOON UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Armila Mitha Putri, Ratih
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-06-25 08:27:21 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan efektivitas video pembelajaran menggunakan animasi powtoon pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Penelitian ini menggunakan metode penelitian RND dengan model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan tes. Instrumen penelitian mencakup angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi, angket kepraktisan siswa, angket ahli evaluasi dan soal post test. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis desain eksperimen. Hasil validator ahli media pada lembar validasi sebesar 0,95556 dengan kriteria sangat baik, hasil validator ahli materi sebesar 0,95625, sedangkan hasil validator ahli evaluasi pada lembar validasi sebesar 0,9166667 dengan kriteria sangat. Hasil dari angket mengukur kepraktisan siswa sebesar 89% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba menunjukan perbedaan kelas yang menggunakan video pembelajaran dan yang tidak menggunakan video pembelajaran, nilai keefektifitasnya sebesar 1,673565 yang artinya pembelajaran menggunakan video pembelajaran lebih efektif dari pada pembelajaran tanpa menggunakan video pembelajaran. Kata Kunci: Pengembangan, Video Pembelajaran, Berpikir Kreatif Matematis. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang