Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Armila Mitha Putri, Ratih
Subject
L Education (General)
Datestamp
2024-06-25 08:27:21
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan
efektivitas video pembelajaran menggunakan animasi powtoon pada materi
persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian RND dengan model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data
pada penelitian ini menggunakan angket dan tes. Instrumen penelitian mencakup
angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi, angket kepraktisan siswa,
angket ahli evaluasi dan soal post test. Teknik analisis data dalam penelitian ini
dengan menggunakan analisis desain eksperimen. Hasil validator ahli media pada
lembar validasi sebesar 0,95556 dengan kriteria sangat baik, hasil validator ahli
materi sebesar 0,95625, sedangkan hasil validator ahli evaluasi pada lembar
validasi sebesar 0,9166667 dengan kriteria sangat. Hasil dari angket mengukur
kepraktisan siswa sebesar 89% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba
menunjukan perbedaan kelas yang menggunakan video pembelajaran dan yang
tidak menggunakan video pembelajaran, nilai keefektifitasnya sebesar 1,673565
yang artinya pembelajaran menggunakan video pembelajaran lebih efektif dari
pada pembelajaran tanpa menggunakan video pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, Video Pembelajaran, Berpikir Kreatif Matematis.