DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PJBL-STEM UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KOMPUTASI SISWA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Kamalia, Ayu Laili
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 01:45:08 
Abstract :
Kemampuan berpikir komputasi adalah salah satu kemampuan yang perlu dimiliki siswa di era revolusi digital. Faktanya masih ditemukan rendahnya kemampuan berpikir komputasi siswa. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran berbasis teknologi sebagai upaya mengembangkan kemampuan berpikir komputasi siswa. Penelitian ini ialah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan e-modul berbasis PJBL-STEM dalam kegiatan pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif menggunakan model ASSURE dalam meningkatkan kemampuan berpikir komputasi siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan adalah model ASSURE dengan subjek penelitian ialah siswa kelas VIII di MTs Hasyim Asy?ari Bangsri. Hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan e-modul berbasis PJBL-STEM dinyatakan valid berdasarkan hasil penilaian validasi oleh validator ahli media dan validator ahli materi. E-modul berbasis PJBL-STEM dinyatakan praktis digunakan berdasarkan hasil angket respon siswa menunjukan hasil positif sebesar 92,11%. E-modul berbasis PJBL STEM efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasi siswa dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan hasil angket pembelajaran menunjukan hasil positif sebesar 93,49%, hasil uji t satu pihak kanan diperoleh bahwa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, dan hasil uji N-Gain menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir komputasi siswa. Uji N-Gain digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir komputasi siswa setelah penggunaan e-modul berbasis PJBL-STEM dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: E-modul, PJBL-STEM, Kemampuan Berpikir Komputasi 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang