Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengraruh pemberian tugas
perorangan dan kelompok terhadap hasil belajar bahasa Indonesia materi teks
deskripsi kelas VII SMP Negeri 2 Pecangaan Jepara. Penelitian ini dilaksanakan di
kelas VII F dan VIIG masing-masing kelas berjumlah 32 peserta didik. Untuk
memperoleh data yang diperlukan maka peneliti menggunakan metode berupa
observasi, tes tertulis, non tertulis, dokumentasi, sedangkan metode analisis yang
digunakan adalah metode kuantitatif data berupa angka. Teknik analisis data yang
digunakan peneliti yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji multikolinearitas, uji
heteroskedastis, uji normalitas, uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah adanya
perbedaan hasil prestasi belajar bahasa Indonesia materi teks deskripsi
menggunakan pemberian pembelajaran tugas perorangan dan kelompok. Dari hasil
hipotesis peserta didik yang diberikan tugas perorangan hasi belajar lebih baik
sebesar 0,579 dibandingkan hasil belajar sebesar 0,564 yang dihasilkan peserta
didik yang diberikan tugas kelompok
Kata kunci: teks deskripsi, metode kuantitatif, model pembelajaran, hasil belajar