DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PEMBERIAN TUGAS PERORANGAN DAN KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI TEKS DESKRIPSI PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 2 PECANGAAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
RAHMANINGRUM, FRISKA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 01:44:19 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengraruh pemberian tugas perorangan dan kelompok terhadap hasil belajar bahasa Indonesia materi teks deskripsi kelas VII SMP Negeri 2 Pecangaan Jepara. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII F dan VIIG masing-masing kelas berjumlah 32 peserta didik. Untuk memperoleh data yang diperlukan maka peneliti menggunakan metode berupa observasi, tes tertulis, non tertulis, dokumentasi, sedangkan metode analisis yang digunakan adalah metode kuantitatif data berupa angka. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastis, uji normalitas, uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah adanya perbedaan hasil prestasi belajar bahasa Indonesia materi teks deskripsi menggunakan pemberian pembelajaran tugas perorangan dan kelompok. Dari hasil hipotesis peserta didik yang diberikan tugas perorangan hasi belajar lebih baik sebesar 0,579 dibandingkan hasil belajar sebesar 0,564 yang dihasilkan peserta didik yang diberikan tugas kelompok Kata kunci: teks deskripsi, metode kuantitatif, model pembelajaran, hasil belajar 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang