DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN HOME VISIT TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 01 TAMBAKREJO DI MASA PANDEMI COVID-19
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
APRILIANI, GALUH RIZKI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 01:57:52 
Abstract :
GALUH RIZKI APRILIANI. NPM 17120044. ?Penerapan Model Pembelajaran Home Visit Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Siswa Kelas II SD Negeri 01 Tambakrejo Di Masa Pandemi Covid-19?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini, antara lain: Penerapan pembelajaran berbasis home visit belum diaplikasikan dan digunakan oleh guru, Aktivitas belajar selama proses pembelajaran belum optimal dan maksimal, serta menunjukkan kecenderungunan menurun, prestasi belajar siswa mengalami penurunan, rendah dan masih belum tuntas mencapai nilai KKM siswa kelas II SD Negeri 01 Tambakrejo selama masa Pandemic 2020 Covid-19. Berdasarkan data tersebut dapat diketahui bahwa Aktivitas belajar siswa cenderung menurun dan berdasarkan hasil wawancara guru kelas II SD Negeri 01 Tambakrejo Kabupaten Grobogan, prestasi belajar siswa masih rendah dan menurun, serta belum tuntas selama masa pandemic 2020. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh model pembelajaran terhadap aktivitas belajar siswa di masa pandemi Covid-19 pada kelas II SD N 01 Tambakrejo? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen ini peneliti menggunakan Pre-Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes (observasi dan wawancara). Hasil analisis menunjukkan hasil capaian angket aktivitas belajar siswa dengan rata-rata sebesar 89.41 (kategori tinggi), hasil uji banding Aktivitas belajar dan hasil belajar pretest dan posttest sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran Home Visit dengan hasil nilai paired correlation sebesar 0,871 ? 0,000 dan hasil uji t paired t-test dengan hasil nilai paired correlation sebesar 0,871 ? 0,000, artinya terdapat perbedaan yang signifikan terhadap setelah adanya penerapan pembelajaran Home Visit dan terdapatnya hubungan yang kuat dna positif Penerapan pembelajaran Hole Visit terhadap Aktivitas belajar siswa kelas II SD Negeri 1 Tambakrejo pada masa pandemic Covid-19. Sedangkan hasil uji N-Gain Score pada penerapan pembelajaran Home Visit adalah efektif untuk meningkatkan Aktivitas belajar dan hasil belajar pada siswa kelas II SD Negeri 1 Tambakrejo. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan pembelajaran Home Visit adalah efektif untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar pada siswa kelas II SD Negeri 1 Tambakrejo. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang