DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PENGARUH PRODUCT TASTE, MENU VARIETY DAN SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI HARGA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Konsumen Geprek Makmun Batang)
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
NINGRUM, GALUH WIDIA
Subject
HD28 Management. Industrial Management 
Datestamp
2024-01-16 02:00:31 
Abstract :
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh variabel product taste, menu variety, dan service quality terhadap variabel dependen keputusan pembelian melalui harga sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pada Geprek Makmun Batang yang jumlahnya tidak dapat diketahui. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang merupakan hasil dari perhitungan rumus cochran. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penyebaran kuesioner melalui online survey. Penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS) atau dengan bantuan alat SmartPls versi 4.0 sebagai teknik analisis data dengan bentuk persamaan Struktural Equation Modeling (SEM). Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa product taste memiliki pengaruh terhadap harga dengan nilai P-Value sebesar (0.018). Menu variety memiliki pengaruh terhadap harga dengan nilai P-Value sebesar (0.043). Service quality memiliki pengaruh terhadap harga dengan nilai P-Value sebesar (0.000). Harga memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai P-Value sebesar (0.002). Product taste memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai P-Value sebesar (0.022). Menu variety tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai P-Value sebesar (0.217). Service quality tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai P-Value sebesar (0.647). Product taste tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian melalui harga dengan nilai P-Value sebesar (0.060). Menu variety tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian melalui harga dengan nilai P-Value sebesar (0.124). Service quality memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian melalui harga dengan nilai P-Value sebesar (0.007). Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Product taste berpengaruh positif terhadap harga. Menu variety berpengaruh positif terhadap harga. Service quality berpengaruh positif terhadap harga. Harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Product taste berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Menu variety tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Service quality tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Product taste tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui harga. Menu variety tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui harga pada konsumen Geprek Makmun Batang. Kata Kunci: Product Taste, Menu Variety, Service Quality, Harga, Keputusan Pembelian 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang