DETAIL DOCUMENT
PROFIL IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA DITINJAU DARI POTENSI STEAM DI SMP NEGERI 2 JAKENAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Cahyono, Danu Hadi
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 02:04:09 
Abstract :
Kurikulum di Indonesia mengalami perubahan dari Kurikulum 2013 dimodifikasi menjadi Kurikulum Merdeka. Perubahan kurikulum ini bertujuan untuk menyesuaikan relevansi dengan pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam implementasi kurikulum tentu sangat berkaitan dan didukung dengan adanya pendekatan pembelajaran. Salah satu pendekatan pembelajaran yang relevan dengan kondisi saat ini adalah pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematic). Pendekatan ini mempunyai potensi yang sangat relevan apabila diterapkan pada pembelajaran, oleh karena itu diperlukan kajian yang lebih mendalam mengenai potensi STEAM pada Kurikulum Merdeka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran materi Ekologi dan Keanekargaman Hayati Indonesia ditinjau dari potensi STEAM di SMP Negeri 2 Jakenan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis data yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran materi Ekologi dan Keanekargaman Hayati Indonesia di SMP Negeri 2 Jakenan mempunyai potensi STEAM akan tetapi perlu dimaksimalkan dan dikembangkan lebih lanjut. Kata Kunci: Profil, STEAM, Kurikulum Merdeka 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang