DETAIL DOCUMENT
AKTUALISASI NILAI PERSATUAN DALAM KEGIATAN BELAJAR KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SMA NEGERI 2 UNGARAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
DEWI, GANIS LUTVIANA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 02:04:04 
Abstract :
Ganis Lutviana Dewi 19210056 ?Aktualisasi Nilai Persatuan dalam Kegiatan Belajar Kelompok pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di SMA Negeri 2 Ungaran?, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2023. Latar belakang penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini didasarkan pada aktualisasi Nilai Persatuan yang berbeda dari setiap siswa pada kegiatan belajar kelompok. Sehingga perlu adanya kontroling dari para guru agar semua siswa dapat mengaktualisasikan nilai persatuan dalam kegiatan belajar kelompok. Pneliti melihat dari Aktualisasi Nilai Persatuan dalam Kegiatan Belajar Kelompok pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di SMA Negeri 2 Ungaran ini sudah berjalan dengan baik, tapi masih ada beberapa siswa yang masih belum mengaktualisasikan nilai persatuan dengan benar. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana aktualisasi nilai persatuan dalam kegiatan belajar kelompok pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SMA Negeri 2 Ungaran. Penelitian ini berfokus pada aktualisasi nilai persatuan dalam kegiatan belajar kelompok pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas. Jenis penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Setting penelitian berada di SMA Negeri 2 Ungaran, peneliti melakukan penelitian dilapangan dengn mengadakan observasi dan wawancara dengan 7 (tujuh) subjek yang akan diteliti yaitu mulai dari waka kurikulum, guru PPKn, dan 5 peserta didik di SMA Negeri 2 Ungaran. Proses tersebut dinamakan tahap pengumpulan data, karena data yang dikumpulkan banyak, maka diadakan reduksi data. Setelah reduksi data kemudian diadakan sajian data. Hasil penelitian yang diperoleh antara lain 1) Aktualisasian nilai persatuan dalam kegiatan belajar kelompok di SMA Negeri 2 Ungaran ini juga sudah baik. Tetapi masih ada beberapa siswa yang tidak mengaktualisasikan nilai persatuan. 2) Masih ada beberapa kendala dalam mengaktualisasikan nilai persatuan pada kegiatan belajar kelompok ini. 3) Cara guru menghadapi semua kendala sudah baik yaitu dengan memberikan konsekuensi dan sanski untuk beberapa siswa yang tidak mengaktualisasikan nilai persatuan dalam kegiatan belajar kelompok ini. Kesimpulan dari penelitian ini menggambarkan pentingnya aktualisasi nilai persatuan dalam kegiatan belajar kelompok, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SMA Negeri 2 Ungaran mapel yang mempelajari Nilai-nilai Pancasila. Aktualisasi nilai Pancasila merupakan perwujudan dari pengamalan nilai-nilai Pancasila. Sedangkan Nilai Persatuan dalam kegiatan belajar kelompok diartikan sebagai gerakan bersama untuk mencapai tujuan bersama. Kata Kunci : Aktualisasi, Nilai Persatuan, Kegiatan Belajar Kelompok 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang