DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KESULITAN BELAJAR KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS II SD NEGERI DUREN KABUPATEN TEMANGGUNG
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
ANGGRAINI, ANGGITA LIA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 02:09:50 
Abstract :
Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini adalah pembelajaran kurikulum 2013 mewajibkan siswa sekolah dasar untuk mempelajari bahasa Inggris sebagai mata pelajaran wajib yang harus di kuasai oleh siswa. Dikarenakan setiap siswa mempunyai kemampuan yang berbeda-beda dalam memahami dan menerima materi pelajaran bahasa Inggris sehingga adanya berbagai kesulitan yang dihadapi oleh siswa maupun guru. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apa saja faktor ? faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar kosakata bahasa Inggris pada siswa kelas II SD Negeri Duren Kabupaten Temanggung Tahun Pelajaran 2022/2023?. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Duren Kabupaten Temanggung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, penyebaran angket, dokumentasi dan tes. Prosedur analisis data menggunakan Teknik model interaktif Miles & Hubermen (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan) sedangkan keabsahan data penelitian ini menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan wawancara dengan Guru pengampu bahasa Inggris, hasil penyebaran angket / kuesioner kepada orang tua dan siswa serta hasil tes hasil pekerjaan siswa kelas II SD Negeri Duren Kabupatem Temanggung bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar kosakata bahasa Inggris dalam menulis (writing) dan penguasaan kosakata dari 19 siswa sebanyak 12 siswa (63,15%) mengalami kesulitan khususnya dalam menulis (writing) dan penguasaan kosakata. Dua faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar kosakata bahasa Inggris yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Berdasarkan hasil penelitian maka saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini adalah pada saat pembelajaran kosakata bahasa Inggris guru diharapkan mempertimbangkan metode dan media pembelajaran yang lebih bervariasi sesuai dengan minat siswa yang mengalami kesulitan belajar kosakata bahasa Inggris. Guru pada saat menjelaskan pembelajaran bahasa Inggris harus bisa lebih berinteraksi dengan siswa supaya pembelajaran tidak monoton. Selain itu guru juga harus bisa menciptakan pembelajaran yang menyenangkan agar siswa tidak bosan ketika pembelajaran berlangsung dan siswa nyaman saat menerima materi pembelajaran. Kata kunci: kesulitan belajar, kosakata, pembelajaran bahasa Inggris 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang