Abstract :
Keberhasilan siswa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
matematika pada saat belajar sangat dipengaruhi oleh gaya belajar yang dimiliki
oleh masing-masing siswa, sehingga proses belajar dapat maksimal. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa
ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik berdasarkan tahapan
pemecahan masalah matematika dalam menyelesaikan soal cerita materi bangun
ruang. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif dengan subjek yang digunakan
adalah siswa MTs Negeri 1 Semarang Kelas VII yang berjumlah 6 siswa, dimana
masing-masing siswa mewakili dari gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik.
Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen angket gaya belajar, instrument
soal cerita pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa setiap siswa, baik yang mempunyai gaya belajar auditorial
memenuhi 4 dari 4 indikator, visual memenuhi 3 dari 4 indikator, ataupun kinestetik
memenuhi 3 dari 4 indikator mempunyai tingkat prestasi belajar dan kemampuan
pemecahan masalah matematika. Selain itu, diketahui pula bahwa semakin tinggi
tingkat prestasi belajar siswa, maka semakin tinggi pula kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa
Kata Kunci : Prestasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah dan Gaya Belajar