DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
DEWI, ANGGRAENI KARTIKA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-01-16 02:12:48 
Abstract :
Keberhasilan siswa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada saat belajar sangat dipengaruhi oleh gaya belajar yang dimiliki oleh masing-masing siswa, sehingga proses belajar dapat maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik berdasarkan tahapan pemecahan masalah matematika dalam menyelesaikan soal cerita materi bangun ruang. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif dengan subjek yang digunakan adalah siswa MTs Negeri 1 Semarang Kelas VII yang berjumlah 6 siswa, dimana masing-masing siswa mewakili dari gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen angket gaya belajar, instrument soal cerita pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap siswa, baik yang mempunyai gaya belajar auditorial memenuhi 4 dari 4 indikator, visual memenuhi 3 dari 4 indikator, ataupun kinestetik memenuhi 3 dari 4 indikator mempunyai tingkat prestasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika. Selain itu, diketahui pula bahwa semakin tinggi tingkat prestasi belajar siswa, maka semakin tinggi pula kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Kata Kunci : Prestasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah dan Gaya Belajar 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang